Cari Blog Ini

Kamis, 07 November 2013

TUHAN YESUS KRISTUS, Juruselamat Penebus, Jawaban


 
Roma 7 : 24 - 26 — “ Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada ALLAH! oleh YESUS KRISTUS, TUHAN kita. Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum ALLAH, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.”

Inilah kesimpulan yang diberikan ROH KUDUS kepada Paulus mengenai permasalahan dalam pribadinya sebagai pengikut KRISTUS yang hendak dibagikan kepada jemaat di Roma waktu itu, dan juga kepada kita semua yang ada sekarang ini.

Hal ini menimbulkan 2 pertanyaan :
• Pernahkah kita melihat orang lain (tokoh-tokoh agama atau orang yang mungkin kita anggap lebih rohani) melakukan sesuatu yang negatif sehingga membuat kita bertanya-tanya “mengapa hamba TUHAN atau anak TUHAN bisa berbuat begitu? kok bisa ya?”
• Pernahkah kita bertanya pada diri pribadi, “saya sebagai orang Kristen, mengapa hidupku begini-begini saja, tidak dewasa, tidak sampai kepada kebenaran?”

Kedua pertanyaan ini menunjukkan ada yang tidak beres/masalah dalam kehidupan orang Kristen. Kita manusia belum sempurna tetapi sedang dibawa menuju kesempurnaan. TUHAN tahu akan ada permasalahan semacam ini sehingga ROH KUDUS menuntun Paulus untuk menuliskan bagian ini sebagai upaya dalam mencari solusinya.

Roma 7 : 24 – Paulus sadar ada yang salah, ada masalah. Yang berbahaya adalah apabila manusia merasa tidak ada yang salah. Cepatlah sadar sebelum terlambat dan terima kalau ini adalah masalah sehingga Firman TUHAN akan memimpin dan hati nurani kita akan berbicara.

Roma 7 ini berbicara kemerdekaan dari hukum Torat. Paulus tahu Torat bahwa Torat itu kudus, rohani, baik, tidak ada cacat karena sumbernya dari ALLAH. Torat didatangkan Musa tetapi kasih karunia didatangkan oleh TUHAN YESUS KRISTUS. Torat tidak akan pernah lenyap, tetapi kita ada di bawah YESUS KRISTUS Sang penggenap Torat.

Semua orang tidak mampu melakukan hukum Torat dan yang tidak melakukannya akan mendapat kutuk. Tetapi ALLAH tidak pernah salah ketika memberi Torat. ALLAH memberi Torat kepada orang Israel supaya manusia menyadari bahwa kita bukan apa-apa. Manusia sering merasa hebat, penuh kesombongan padahal habis karena hukum Torat.

Paulus mencoba menggenapi hukum Torat tetapi tidak bisa dan satu hal yang dia tahu, Torat tidak bisa memberikan kehidupan, tidak bisa membebaskan dari kuasa dosa, kuasa maut, kedagingan. Torat tidak bisa menghantar kita ke sorga, Torat hanya membimbing kita untuk menyadari siapa diri kita, manusia biasa yang tidak bisa apa-apa. Kita tahu yang baik, tetapi yang jahat yang kita lakukan dan kita lakukan terus. Yang melakukannya adalah dosa di dalam kita karena dalam tubuh manusia ada kekuatan daging.

Bagaimana solusi atau jalan keluarnya ? Roma 7 : 25 – YESUS KRISTUS TUHAN kita adalah jawaban dari permasalahan ini. Ketika kita menyadari ada yang salah, tidak beres, jalan keluarnya adalah dengan berseru, panggil YESUS, minta TUHAN YESUS untuk menolong kita. Roma 10 : 13 — “ Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN, akan diselamatkan."

“Kerajaan-MU ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-MU tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-NYA dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-NYA. TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk. Mata sekalian orang menantikan ENGKAU, dan ENGKAU pun memberi mereka makanan pada waktunya; ENGKAUyang membuka tangan-MU dan yang berkenan mengenyangkan segala yang hidup. TUHAN itu adil dalam segala jalan-NYA dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-NYA. TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-NYA, pada setiap orang yang berseru kepada-NYA dalam kesetiaan. IA melakukan kehendak orang-orang yang takut akan DIA, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka. TUHAN menjaga semua orang yang mengasihi-NYA, tetapi semua orang fasik akan dibinasakan-NYA. Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada TUHAN dan biarlah segala makhluk memuji nama-NYA yang kudus untuk seterusnya dan selamanya." Mazmur 145 : 13 - 21

Lakukan, maka kita akan menikmati hidup berkelimpahan di dalam KRISTUS. Taurat tetap ada, bahkan masalah tetap ada dalam diri, namun TUHAN YESUS sudah menyelesaikannya bagi kita, AMIN.


TUHAN YESUS Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar